SALAH PAHAM BAHASA DALAM ANATOMI GITAR

SALAH PAHAM BAHASA DALAM ANATOMI GITAR

Bagian bagian gitar

Sebelum masuk ke pembahasan, kita disclaimer dulu ya. Sebenernya gaada yang salah dalam sebuah penyebutan pada bagian-bagian Gitar, selama maknanya masih mirip-mirip gapapalah, yang penting jangan sampe kamu sebut gitar kamu itu pacar kamu, SADAR! Gimana mau kamu sebut pacar, kamu aja masih gatau nama dari bagian bagian tubuh gitar secara benar, berarti kamu belum benar-benar cinta sama gitar kamu. Yaudah, supaya kamu lebih mengenal instrument kamu, di artikel ini akan kita kasih tau bro! Karna katanya, tak kenal maka tak sayang!

Pernah ga sih ada bagian gitar kalian yang rusak terus pas kalian mau beli bagian penggantinya, kalian malah gatau namanya, lalu kamu dan penjual sama sama bingung. Kamu udah deskripsiin dan penjualnya masih ga paham juga, akhirnya kamu cari di google “nama bagian penyanggah senar gitar”
Nah daripada bingung bingung disini kita akan kasih tau Anatomi Gitar beserta bahasa gaulnya!

Headstock atau Kepala Gitar
Kepala/Headstock terdapat di bagian paling atas pada gitar akustik. Bagian ini juga terdapat nut, dan tunning machine, fungsi dari kepala/ Headstock adalah sebagai representasi merek gitar itu sendiri, karena biasanya pada bagian kepala terdapat logo, merek atau brand yang memproduksi gitar akustik tersebut.

Tuning machine/Alat stem
Tuning Machine/alat stem terdapat pada bagian kepala gitar, biasanya terbuat dari baja atau plastik, fungsi dari tuning machine sendiri adalah untuk mengatur ketegangan senar pada gitar akustik, agar berada pada nada yang semestinya.

Dryer/Puteran gitar
Dryer ini masih bagian dari tuning machine, singkatnya tuning machine adalah alat untuk tuning secara keseluruhan, sedangkan dryer merupakan alat untuk memutar senar gitar agar nada nya sesuai. Kalo masih bingung juga si dryer ini sering disebut alat puter stem.

Nut
Nut gitar akustik masih terdapat pada area kepala gitar, berupa bantalan yang biasanya terbuat dari plastik, tulang hewan dan graphite. Fungsinya sendiri sebagai penyangga senar gitar supaya tidak menyentuh fret, agar senar gitar dapat bergetar dengan baik ketika di petik.

Neck/Leher Gitar
Leher atau neck pada gitar biasanya terbuat dari kayu yang solid, Neck merupakan tempat tangan kiri kita memegang gitar, fungsinya sendiri sebagai tempat Fingerboard di pasang.

Fingerboard/Fretboard
Fingerboard atau Fretboard masuk bagian leher pada gitar akustik, biasanya terbuat dari papan tipis dengan ketebalan sekitar 5 mm, terpasang pada bagian depan leher gitar, berfungsi sebagai tempat di pasangnya fret dan tempat jari-jari kita memainkan chord.

Fret
Fret adalah kawat khusus (biasanya terbuat dari tembaga atau stainless steel) yang dipasang pada fretboard, fungsinya adalah untuk memproduksi tingkat ketinggian nada yang berbeda dengan jalan menempatkan jari-jari pada ruang-ruang di antara logam-logam fret

Badan atau Body
Badan atau body yang merupakan bagian terpenting dan paling menonjol pada sebuah alat musik gitar. Hal ini dikarenakan 80% dari keseluruhan gitar terdiri dari bagian ini. Badan sebuah gitar sendiri juga bisa menjadi penanda tersendiri bagi sebuah brand maupun pemegang hak cipta dari sebuah gitar. Hal ini yang membuat badan dari alat musik gitar pada umumnya beragam serta bervariasi bergantung pada pembuat alat musiknya.

Bridge/Jembatan
Bridge memiliki fungsi untuk menghubungkan atau mengaitkan senar pada alat musik gitar dengan body atau badannya.
Selain itu, pada bagian bridge di sebuah gitar, terdapat bantalan putih yang sering disebut sebagai saddle dan pada umumnya bagian ini terbuat dari bahan dasar kayu yang berkualitas.

Saddle/penyanggah senar
Kalau nut adalah penyanggah yang terletak di bagian atas, Saddle ini letaknya di bagian Body gitar tepatnya terletak diatas Bridge. Bentuknya panjang biasanya berwarna putih gading.

SoundHole/Lobang gitar
Secara bahasa emang gasalah, tapi kayanya kurang keren aja bro kalo kita sebutnya lobang, bahkan ada yang bilang bolongan gitar. Nama kerennya itu ada Hole guitar, fungsinya untuk menghasilkan resonansi suara yang akhinya dikeluarkan dari gitar itu sendiri broo.

Senar atau String atau Tali gitar
Bagian dari alat musik gitar akustik yang kesebelas adalah senar atau string yang merupakan salah satu bagian paling penting dari sebuah gitar. Hal ini dikarenakan jika sebuah alat musik gitar tidak memiliki senar maka belumlah lengkap dan tidak dapat dimainkan. Senar ini juga lumayan krusial ya bro, karna langsung berhubungan sama jari kita, jangan asal pilih senar kecuali kamu siap akan resiko tangan kamu bakalan kesakitan yang lebih parah bisa kena karat dari senar tersebut.
Untuk menghindari hal hal tersebut sebaiknya gunakan senar dengan kualitas baik, kamu bisa menggunakan senar dari D’Addario yang sudah dijamin kualitasnya baik dari segi suara maupun daya tahan!

Pickup
Ini terdapat pada gitar electric ya broo, fungsinya hampir sama dengan Soundhole pada gitar acoustic, bedanya pickup ini dibalut dengan mekanisme elektronik yang rumit

Pickup Selector
Ini juga terdapat di bagian body gitar electric yua bro, bahasa gaulnya adalah cetekan gitar, fungsinya untuk memilih karakter suara dari pickup yang terdapat di gitar electric

Nah sekarang kalian udah tau kan nama yang bener dari bagian bagian gitar, jadi nanti jangan salah sebeut lagi ya bro! Apalagi kalo lagi mencoba tampil keren didepan wanita idaman kalian, ternyata malah lebih paham si cewe, malu broo!! Selain paham kalian juga perlu mempertiimbangkan gitar yang kalian gunakan jangan sampai menggunakan barang KW bro! di MG kalian bisa dapetin berbagai brand gitar yang sudah terkenal kualitasnya dan terjamin keasliannya diantaranya ada gitar Cort, Martin n Co, Takamine, dan banyak lagi. Tunggu apalagi yuk Upgrade diri kamu!